Iklan

Peran Partai Politik Terhadap Pendidikan Politik Di Paguyaman Pantai

Detikcoy
Saturday, December 5, 2020, 4:59 AM WIB Last Updated 2021-01-07T17:30:32Z
Foto : Aripin Hamu

Politik secara umum dikenal ditengah masyarakat sangatalah buruk, bicara politik berarti bicara keuangan atau apa yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang untuk kepentingan pribadi, Politik yang  terjadi sudah meluas dibeberapa instansi, hal ini yang kemudian meraja lela terhadap pandangan sang penulis,  yang sebenarnya sangatlah  penting kita untuk ikut terhadap berpolitik.


Baca Juga : Kosmologi Politik Pemerintahan Terhadap Partai Politik


Pendidikan politik sangatlah minim terhadap masyarakat sehingga apa yang dijelaskan oleh masyarakat sangatalah bertentangan dengan apa tujuan politik itu sendiri,  kurangnya sosialisasi dari pemerintah atau instansi terkait untuk menyampaikan atau mengabarkan berpolitik itu dengan baik, sehingga muncul asumsi bahwa politik itu eratanya dengan UANG, Bantuan Sosial, dan lain sebgainya.


Baca Juga : Tutorial Seputar Blogging Untuk Pemula Teknologi Dan Marketing - Bungmais.com


Politik seharusnya ditempatkan pada posisinya, sejatinya politik untuk kemaslahatan rakyat, mengutamakan kepentingan rakyat atau kepentingan banyak orang ketimbang kepentingan pribadai.


Baca Juga : Pelaksanaan Pilkada Ditengah Pandemi Covid-19


Sisitem politik bagi setiap bangsa merupakan hal penting terhadap menjalankan roda pemerintahan agar dapat mencapai visi dan misi suatu bangsa, hal inilah yang menjadi akar kehidupan berbangsa dan bernegara , jika politik rusak atau dirusak oleh oknum untuk kepentingan pribadi maka  segala impian semua rakyat akan sengsara, hal inilah yang kemudian perlu disadarkan kepada seluruh anak bangsa agar kiranya dapat berpolitik dengan baik dan benar. 


Namun mirisnya serta minimnya sosialisasi kepada masyarakat luas, apalagi ditambah Negara ini berpulau-pulau serta pendidikan politik belum merata hal inilah yang kemudian berpotensi besar dapat dimanfaatkan oleh oknum yang hanya ingin mencapai kepentingan pribadi ketimbang kepentingan Negara atau kepentingan banyak orang.


Salah satunya adalah wilayah tertinggal yang sulit dijangkau oleh pemerintah diakibatkan beberapa kendala, salah satunya pendidikan, jalan, listrik serta jaringan. Hal inilah yang merupakan salah satu penujang untuk dapat menyadarkan masyarakat terpencil untuk berpolitik dengan benar.


Baca Juga : Kebijakan Bantuan Bibit Jagung Di Desa Lamahu


Salah satunya Kec. Paguyaman Pantai yang merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Boalemo-Gorontalo yang perlu menajadi perhatian pemerintah dimana disana masih banyak masyarakat yang masih kurang paham mengenai politik. Masyarakat yang kehidupanya notaben pekerjaan Petani dan Nelayan setiap harinya harus memenuhi kebutuhan sehari-hari, Pengangguran serta Kurangnya sosialisasi pemerintah mengenai politik. 


  Dalam teori klasik Manusia dihubungakan dengan sejatinya sebagai mahluk Tuhan yang maha esa adalah jenis mahluk simbiosis Mutualisme memiliki akal dan intelktual serta hati nurani olehnya itu manusiapun juga dikatakan  homo economicus, animal konteks pendidikan politik, homo education,  dan manusia sebagai zoon politikon serta homo sapience. 


Baca Juga : Peranan Kelompok Tani Dalam Melakukan Partisipasi Politik Masyarakat Desa Kotaraja


Mewujudkan system politik yang benar sangatlah sulit dan bukanlah perkara mudah karena menerlukan proses yang cukup panjang serta pendekatan emosional yang baik dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak bangsa sebagai asset Negara dalam menentukan arah kedepan agar membawa bangsa dan tanah air kedalam kemerdekaan yang sebenarnya.


Anak bangsa perlu disadarakan sebab mereka adalah tunas bangsa yang menentukan kemajuan atau kemunduran dimasa yang mendatang. Anak bangsa perlu mewarisi tonggak kepemimpinan untuk menjalankan roda pemerintahan serta membawa politik yang benar untuk kemajuan bangsa kedepan sesuai apa yang dicita-citakan oleh anak-anak bangsa, keadilan social, kemerdekaan sesungguhnya, kesejahteraan serta kemakmuran pribumi diseluruh tanah air NKRI dari sabang sampai merauke.


Baca Juga : Pengaruh Pandemi Terhadap Partisipasi Pemilihan Pada Pilkada 2020


Semuanya Tanpa dirawat dan dipupuk sejak dini  tidak akan tercipta penerus yang berkualitas politik mempuni melalui politik yang benar sebagai pelanjut Negara dimasa tua mendatang.


Politik sangatlah dekat dengan Sumber daya manusia maka hal yang perlu kita dekatkan yang utamnya adalah beriman kepada tuhan yang maha esa, berkualitas, serta memiliki jiwa yang amanah. Dengan sendirinya jiwa kepemimpinan akan berjalan dengan baik. Apabila system politik Indonesia telah stabil serta berjalan dengan apa yang perlu dijalankan untuk mencapai cita-cita bangsa maka pembangunan akan terwujud.


Apalagi  dimasa pandemic yang telah mewabah ini, bantuan social sangatlah penting, namun secara kasat mata terlihat jelas banyak selipan-selipan politik yang terkandung didalamnya walaupun itu masih dalam keadaan samar-samar,  hal ini yang terjadi dilapangan ketika pada saat penyaluran bantuan social dari pemerintah, contohnya seperti  jika seseoran berasal dari partai A bagrond warna partainya pasti yang terdapat dibeberapa tempat dalam penyaluran.


Jika seorang pemimpin dari partai A yang bagraund partainya warnah Hitam (Contonya) pasti segala sesuatu baik dari Tempat penyaluran dan bahan bantuan pasti warnanya hitam, hal inilah yang kemudian menjadi pandangan tersendiri bagi masyarakat dan penulis.  Hal masyarakat luas tidak tau secara langsung namun secara pisikologi pastinya  berpengaruh, jika pada saat pemilihan umum kepala daerah atau pemilihan legislative pastilah masyarakat yang kurang paham tidak melihat siapa yang mencalonkan, vsisi serta misinya akan tetapi melihat baground warna yang akan dipilih sebab masyarakat akan menilai bahwa partai yang sering menolong serta membantu memberikan bantuan social dari partai yang warnanya Hitam (Contoh).


Dari Hal yang kecil  seperti ini yang harus kita sadarkan kepada masyarakat agar tidak terjebak dalam Politik yang telah dimainkan oleh oknum ini, hanya bermodalkan memberikan bantuan social namun masyarakat tidak memikirkan kedepan bagaiman nasib bangsa ini. Politik merupakan sesuatu yang penting untuk kita ketahui  serta memahami secara dalam terhadap masyarakat luas serta tak kala penting bagi para kaum intelektual, agar berperan serta dapat mengedukasi tentang politik yang sesunguhnya. System politik pun akan berubah mengikuti sang penguasa sering pergantian pemimpin baik dari pusat maupun daerah, partai apapun dan dari golongan manpun, system politik di Indonesia tetap sama selama itu membangun bangsa ini.


Penulis : Aripin Hamu

Mahasiswa Ilmu Hukum Kemasyarakatan (IHK)

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Universitas Negeri Gorontalo

Komentar

Tampilkan

  • Peran Partai Politik Terhadap Pendidikan Politik Di Paguyaman Pantai
  • 0

Terkini

Ads

Iklan