Iklan

Alasan Warna dan Livery Pesawat Terbang

detikcoy
Saturday, February 6, 2021, 10:00 AM WIB Last Updated 2021-02-11T11:08:56Z






DetikoyPutih merupakan warna yang paling sering digunakan di dunia. Cat warna putih pada pesawat merupakan warna dasar. Apalagi pesawat komersil, maskapai pasti akan memilih warna itu untuk armadanya.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasannya yaitu :

Pertama yaitu masalah suhu dan hal ini bisa dibaratkan jika kita memakai baju warna putih. Warna putih bisa merefleksikan cahaya, jadi tidak menyerap cahaya terlalu banyak seperti warna-warna gelap lainnya.

Selain itu, warna dasar putih bisa mencegah pesawat dari panas berlebih, jadi hanya memakan sedikit waktu untuk mendinginkan pesawat ketika mendarat.

Bukan sekedar itu, dengan berwarna putih pesawat akan mudah terdeteksi jika memiliki kerusakan. Saat mengalami korosi bahkan kebocoran juga akan mudah terlihat, begitupun goresan, sayatan atau kerusakan lainnya.




Jika pesawat mengalami bencana di dalam air, warna putih pada pesawat terbang di badan pesawat akan mudah terlihat. Sehingga mempermudah pencarian.

Ini berfungsi jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, pesawat yang lebih berwarna akan lebih cepat pudar dibandingkan yang memiliki warna dasar putih.

Berbagai maskapai mayoritas mempunyai ikon atau lambang dari aneka macam warna. Akan tetapi, mayoritas badan pesawatnya memiliki warna dasar putih.






Kemudian tentang livery, corak, gambar maupun cat pesawat sangat diperhitungkan tiap detailnya. Kenapa begitu?

Livery pesawat akan memberi informasi pesawat tersebut berasal dari negara mana.

Semua pesawat akan dicat dengan warna sama ketika keluar pertama kali, yakni hijau untuk yang berbahan logam dan krem yang berbagan komposit karena tak perlu bahan penghambat korosi.






Warna hijau dikarenakan adanya lapisan awal, yakni zinc chromate antikorosif. 

Sesudah maskapai menandatangani desain livery yang dirancang oleh agensi eksternal, proses selanjutnya ialah produsen pesawat akan mengimplementasikannya. Maskapai bisa memilih warna pesawat terbang sesuai dengan keinginannya.


Sumber :detik.com
Komentar

Tampilkan

  • Alasan Warna dan Livery Pesawat Terbang
  • 0

Terkini

Ads

Iklan