Iklan

ELT Sriwijaya Air SJ182 yang Jatuh Tak Pancarkan Sinyal Menurut Basarnas

Saturday, January 9, 2021, 7:10 AM WIB Last Updated 2021-01-13T05:40:59Z


Detikcoy.comPesawat Sriwijaya Air SJ 182 penerbangan Jakarta-Pontianak jatuh di sekitar Kepulauan Seribu. Basarnas menyebut ELT atau emergency locator transmitter pesawat nahas itu tidak memancarkan sinyal.

"Kami cek di ELT yang ada di pesawat Sriwijaya Air 182 (SJ182) itu seluruh pesawat itu sudah teregistrasi di Basarnas ELT-nya. Akan tetapi kejadian ini tidak memancarkan. Ini yang akan  kita cross-check, kenapa ELT tidak memancarkan sinyal. Biasanya akan memancarkan," kata Deputi Operasi dan Kesiapsagaan Basarnas Bambang Suryo Aji, dalam konferensi pers daring, Sabtu (9/1/2020)

Bambang belum bisa memastikan penyebab awal ELT pesawat  Sriwijaya Air SJ 182 tidak memancarkan sinyal saat peristiwa terjadi. Bambang menegaskan pihaknya masih akan melakukan apa penyebab ELT Sriwijaya Air SJ182 tidak memancarkan sinyal.

"Kami belum bisa memastikan secara pasti kenapa tidak bisa memancarkan alat tersebut, termasuk juga kita cross-check ke, sistem satelit yang dimiliki oleh negara tetangga kita adalah Australia. Australia juga tidak menangkap," kata Bambang.

"Jadi perkiraan dari Basarnas kita yang ingin mencari apa penyebabnya tidak bisa memancar ELT tersebut," sebut dia.

Bambang menyatakan Basarnas akan segera mengkonfirmasi penyebab ELT tidak memancarkan sinyal setelah data-data didapatkan. Kata Bambang, ELT fungsinya untuk mengetahui jika terjadi kecelakaan pesawat.

"Jika alat itu memancarkan, kita bisa cepat mengetahuinya, tidak perlu lagi mencari informasi apakah terjadi lost contact ataukah tidak. Ketika ada lost contact dan di Puskodal kita di atas itu memancarkan sinyal itu menandakan bahwa terjadi crash terhadap pesawat tersebut, tapi ini tidak memancarkan," sebut Bambang.

"Tetapi kami justru mendapat informasi dari AirNav terjadi lost contact jam sekian jam sekian," imbuh dia.

Menhub Budi Karya memastikan pesawat Sriwijaya Air jatuh. Menhub menegaskan ada puluhan penumpang berikut kru di dalam pesawat nahas tersebut.

"Total penumpang 50 orang bersama 12 kru yang terdiri dari 43 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi," kata Budi Karya dalam jumpa pers yang disiarkan via Zoom, Sabtu (9/1/2021) malam.

Baca Juga : 

BREAKING NEWS! Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Berhasil DItemukan

Penemuan Black Box Sriwijaya Air SJ182 Selanjutnya di Serahkan ke JICT

Istri dan Tiga Anaknya Menjadi Korban Pesawat Sriwijaya SJ 182, Pria ini Teriak Histeris

Nikita Mirzani : "Pasti Lagi Besar Kepala Tuh Mbak You" , Tanggapannya Soal Ramalan Mbak You Tentang Pesawat Jatuh

Jumlah Terkini Kantong Jenazah dan Puing Pesawat Sriwijaya SJ182 Yang Diterima Basarnas

Rajin Ibadah, Kisah Pilu Kapten Afwan Pilot Sriwijaya SJ 182 Yang Jatuh

Akurat ! Ramalan Mbak You Setelah Pesawat Jatuh Bikin Kaget Netizen




Sumber : Detik.com


Komentar

Tampilkan

  • ELT Sriwijaya Air SJ182 yang Jatuh Tak Pancarkan Sinyal Menurut Basarnas
  • 0

Terkini

Ads

Iklan