Iklan

Kronologi Lengkap Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ182

Saturday, January 9, 2021, 6:44 AM WIB Last Updated 2021-01-13T05:40:05Z

 


Detikcoy.com  - Pesawat Sriwijaya Air SJ182 telah jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Pesawat yang lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta  sempat terjadi hilang kontak di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Hilang kontak di sekitar Tanjung Pasir Pulau Lancang gitu-lah," kata Manajer Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, saat dimintai penjelasan lebih lanjut, Sabtu (9/1/2021).

"Nomor penerbangannya SJY182, nomor registrasinya PK-CLC," lanjutnya.

Dari trek perjalanan yang ditampilkan, pesawat itu terbang ke arah barat, lalu ke utara. Terpantau, pesawat terakhir berada di atas Laut Jawa, letaknya di sisi utara Pulau Jawa.

Selain itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menginformasikan bahwa ada 53 penumpang dan 12 orang kru yang diinfokan berada di pesawat tersebut. Sampai saat ini belum jelas bagaimana kabar para penumpang peasawat tersebut.

"Total penumpang 50 orang dengan 12 kru, yang terdiri dari 40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi," kata Budi Karya.

Begini kronologi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 : 

Pukul 14.36 WIB

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tersebut diinformasikan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (9/1/2021), sekitar pukul 14.36 WIB. Dari informasi jalur yang diberitahukan oleh FlightRadar 24, pesawat tersebut terbang ke arah barat, lalu ke utara.

Lalu terpantau, pesawat terakhir berada di atas Laut Jawa, tepatnya di sisi utara Pulau Jawa.

Pukul 14.40 WIB

Kementerian Perhubungan tidak bisa menghubungi krew pesawat. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa anggotanya terakhir kontak dengan pesawat sekitar pukul 14.40 WIB.

Saat ini juga Kemenhub melaporkan target pesawat Sriwijaya Air tidak bergerak ke arah 0,75 derajat, melainkan ke arah Barat Laut. Saat ini ATC diminta untuk melaporkan arah pesawat.

Akan tetapi, tidak lama kemudian dalam hitungan detik, pesawat SJ 182 hilang dari radar.

Selanjutnya, Situs FlightRadar24 menyebut pesawat juga kehilangan diketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit setelah empat menit terbang dari Jakarta.

Situs FlightRadar24 menyebut pesawat itu kehilangan ketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit.

"Penerbangan Sriwijaya Air # SJ182 kehilangan ketinggian lebih dari 10 ribu kaki dalam 1 menit, sekitar 4 menit setelah keberangkatan dari Jakarta," tulis FlightRadar24 dalam akun twitternya, Sabtu (9/1/2021).

Pukul 14.55 WIB

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 diinfokan telah benar-benar hilang kontak. Hal itu dibenarkan oleh Deputi Operasi dan Kesiapsagaan Basarnas, Bambang Suryo Aji.

"Jadi Basarnas pada pukul 14.55 tadi menerima informasi jika terjadi lost contact berhubungan dengan pesawat Sriwijaya," ucap Suryo saat konfrensi pers dengan wartawan.

Suryo mengatakan saat itu pihaknya langsung mengerahkan sejumlah kapal untuk melakukan pencarian. Posisi jatuh pesawat dikabarkan berada di perairan antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Pukul 15.00 WIB

Polisi memberi info bahwa nelayan sekitar sempat mendengar dentuman seperti petir. Dentuman terdengar di sekitar Pulau Laki.

"Ada informasi dari nelayan di sekitar Pulau Laki sekitar pukul 15.00 WIB sebelah timur Pulau Laki, itu ada yang mendengar suara seperti petir, kemudian ledakan, ya dentuman seperti itulah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus , Sabtu (9/1/2021).

Pukul 17.30 WIB

Presiden Joko Widodo langsung memberi perintah kepada tim Basarnas dan jajaran untuk memaksimalkan pencarian. Beberapa kapal Basarnas juga sudah dikerahkan.

Sebanyak 4 kapal, 3 kapal karet, 3 sea rider. Kondisi cuaca saat ini jgua dikoordinasikan dengan BMKG.


Baca Juga : 

BREAKING NEWS! Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Berhasil DItemukan

Penemuan Black Box Sriwijaya Air SJ182 Selanjutnya di Serahkan ke JICT

Istri dan Tiga Anaknya Menjadi Korban Pesawat Sriwijaya SJ 182, Pria ini Teriak Histeris

Nikita Mirzani : "Pasti Lagi Besar Kepala Tuh Mbak You" , Tanggapannya Soal Ramalan Mbak You Tentang Pesawat Jatuh

Jumlah Terkini Kantong Jenazah dan Puing Pesawat Sriwijaya SJ182 Yang Diterima Basarnas

Rajin Ibadah, Kisah Pilu Kapten Afwan Pilot Sriwijaya SJ 182 Yang Jatuh

Akurat ! Ramalan Mbak You Setelah Pesawat Jatuh Bikin Kaget Netizen




Sumber : News.detik.com

Komentar

Tampilkan

  • Kronologi Lengkap Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ182
  • 0

Terkini

Ads

Iklan