Iklan

Kosmologi Politik Pemerintahan Terhadap PARPOL

Detikcoy
Thursday, December 3, 2020, 8:41 AM WIB Last Updated 2021-01-07T17:31:47Z
Foto : Doc. Rahmin S Kadir


   Indonesia negara yang menganut sistem demokrasi, seperti pada asasnya Demokrasi yaitu sesuatu yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.di indonesia juga merupakan negara yang berbentuk republik dimana semua warga negara memiliki kesamaan dimata hukum yang mempunyai hak yang sama serta dapat mengeluarkan pendapat terhadap pemerintah, begitupun demokrasi setiap warga negara mempunyai hak yang sama terhadap politik yang berada ditataran pemerintahan serta dapat memilih atau menentukan partai politik yang disukai atau diminati. Politik adalah suatu kesatuan yang melibatkan peran individu masyarakat atau sekelompok yang mempunyai visi atau tujuan yang sama untuk mensejahterakan umat dan mempengaruhi kebijakan pemerintah yang menyangkut kepentingan masyarakat, bangsa dan tanah air agar apa yang dicita-citakan bangsa yang dapat terwujud serta memenuhi segala aspek kehidupan baik secara individu atau kelompok.


Didalam bentuk pemerintahan diperlihatkan bahwa pemilihan di negeri ini kurang tertarik terhadap tawaran-tawaran yang kemudian tidak direalisasikan dan menjadi surga telinga belaka, sebab janji atau program yang di sampaikan ketika visi misi tidak sesuai yang di harapkan oleh masyarakat.program yang di tawarkan tidak dilaksanakan atau sebaliknya ketika dilaksanakan tidak tepat sasaran. 


Ketika mereka menyampaikan visi misi meraka banyak konsep yang mana mereka mengendalikan perekonomian masyarakat akan tetapi,kita tidak mengetahui pengendalian tersebut bisa saja hanyalah dilakukan oleh politisi oportunutis tradisional sebagai menjelang pemilu untuk mendulang suara yang besar konstituen. Namun jika mereka sudah berhasil meraih mandat yang di amantkan oleh rakyat untuk meneruskan pemerintahan berikutnya, belum tentu mengemban mandat yang di tangan. Politik ini mengandung sifat personal atau pribadi yang tertutup dalam diri setiap orang jadi politik ini ialah sesutu yang berhubungan dengan kemampuan yang ingin menguasai sesatu dengan cara mempengaruhi orang lain sehingga orang itu bisa dikendalikannya.


Didalam politik itu juga terdapat yang namanya partisipasi politik, partisipasi politik ini adalah kegiatan seseorang, kelompok, atau organisasi untuk ikut serta aktif dalam kehidupan politik. Partisipasi politik itu suatau kegiatan dari warga negara baik secara langsung maupun tidak langsung (tidak sengaja) terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dapat dilakukan oleh individu-individu maupun kelompok secara spontan maupun dimobilisasi. Disisi lain juaga merumuskan bahwa partisipasi politik adalah merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakakan oleh individu maupun kelompok untuk ikut serta aktif dalam kehidupan politik yang memilih pimpinan negara baik secara langsung maupun tidak langsung.


Penulis : Rahmin S Kadir

Mahasiswa Ilmu Hukum Kemasyarakatan (IHK)

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Universitas Negeri Gorontalo

Komentar

Tampilkan

  • Kosmologi Politik Pemerintahan Terhadap PARPOL
  • 0

Terkini

Ads

Iklan